Profile KSPMS FEBI IAIN Pontianak

Institut Agama Islam NegeriPontianak atau biasa disebut dengan IAIN Pontianakmerupakan perguruan tinggi pertama yang membawa spirit Islam di Kalimantan Barat tepatnya di Ibu Kota Provinsi, Kota Pontianak. Mahasiswa saat ini sudah melebihi 6000 dengan pendidikan dasar dari Ekonomi, Hukum, Komunikasi, Psikologi, Konseling Keguruan, dan lainnya. Demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pada 2022 IAIN Pontianak yang saat ini terakreditasi B menargetkan akan menjadi UIN di Kalimantan Barat.

Masa depan bangsa 20 tahun kedepan tergantung pada pemuda saat ini. Mahasiswa sebagai agen perubahan, bagian kelas elit masyarakat memiliki peranan penting terhadap kemajuan bangsa. Mengutip dari berita online detik, Menteri keuangan, Sri mulyani Indrawati, berpendapat mental masyarakat Indonesia harus berubah untuk menuju Indonesia Emas 2045. Hal itu juga untuk mengantisipasi kemajuan teknologi serta bertambahnya jumlah penduduk. Menurut Sri Mulyani, ada 4 hal yang harus disiapkan menuju 2045. Pertama yaitu kualitas manusianya. Kedua infrastruktur, ketiga kualitas kelembagaan agar profesional dan tidak korup, keempat adalah kebijakan pemerintah.

Galeri Investasi Syariah(GIS) merupakan terobosan Bursa Efek Indonesia(BEI) dalam turut mengembangkan kualitas mahasiswa ssecara intelektual dan tenaga profesional. Sebagai wadah karya dan keilmuan mahasiswa berfokus pada pasar modal syariah, harapan menjadi penunjang mengatasi tantangan finansial yang mengglobalisasi.  Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Pasar Modal Syariah, tidak hanya mendongkrak SDM dari segi keilmuan dan finasial. Dengan lebih mengenal dan membudayakan berinvestasi, generasi-generasi kedepan bisa menghasilkan pendapatan sendiri dan membantu perekonomian bangsa dalam kebutuhan investasi, mengurangi ketergantungan investasi asing dan peluang kemandirian ekonomi.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam(FEBI) IAIN(Institut Agama Islam Negeri) Pontianak sebagai penyedia Sumber Daya Manusia profesional dan religius siap turut andil mensukseskan. Sebagai Fakultas engampuh keilmuan Basic Study Ekonomi Syariah, bersama Bursa Efek Indonesia(IDX) Perwakilan Kalimantan Barat  dan AB Mitra MNC Sekuritas membangun laboratorium investasi “Galeri Investasi Syariah(GIS) BEI” sejak november 2017 lalu. Kelompok mahasiswa yang tergabung di Galeri Investasi Syariah(GIS) BEI bernama Kelompok Studi Pasar Modal(KSPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam(FEBI) IAIN(Institut Agama Islam Negeri) Pontianak. 

Struktur Pengurus KSPM FEBI IAIN Pontianak 2019 - 2020
Struktur Pengurus KSPM FSEI IAIN Pontianak 2018 - 2019

0 komentar: